Tuesday, January 22, 2013

Memahami Tujuan Bisnis/Bekerja (2)


4. Bisnis yang halal merupakan sumber penghasilan yang baik. Sebaliknya, bisnis yang haram adalah sumber kehidupan yang buruk. Bahkan jika semua norma dilanggar dan semua etika moral dilabrak kita akan menempati bumi Allah dengan peran sebagai perusak, bukan pemakmur dan penjaga yang baik. Allah Swt berfirman,

“Sesungguhnya Kami telah menempatkan kamu sekalian di muka bumi dan Kami adakan bagimu di muka bumi itu (sumber) penghidupan. Amat sedikitlah kamu bersyukur.”
(Q.S. Al-A‘râf (7): 10).


Salah satu manifestasi syukur adalah menjalankan fungsi dan tugas sesuai dengan kehendak pemberi tugas. Tugas kita adalah sebagai khalifah dan pemakmur bumi. Korupsi dan suap, over-fishing, polusi di mana-mana, ketidakpedulian terhadap ekologi laut, penggundulan hutan, dan lain sebagainya telah menjadikan kita sebagai hamba yang perusak dan tidak bersyukur.
Sesungguhnya semakin baik kualitas karya seseorang, semakin baik pula nikmat Allah yang dilimpahkan kepadanya. Allah berfirman,

“... dan bahwasanya manusia tidak memperoleh selain apa yang telah diusahakannya, dan sesungguhnya usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya), kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna.”
(Q.S. An-Najm (53): 39-41).


5. Bekerja tidak hanya ikhtiar demi memajukan standar ekonomi dan sosial seseorang, tetapi juga bertujuan untuk memajukan seluruh masyarakat. Karenanya, untuk mendapatkan rezeki, kita harus saling bekerjasama. Setelah rezeki diperoleh, hak kaum miskin ditunaikan, sekaligus memberdayakan potensi yang mereka miliki agar kehidupan ekonomi mereka meningkat.


No comments:

Post a Comment